Jumat, 11 November 2016

Contoh RPP kurikulum 2013

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Satuan Pendidikan      : SMK Negeri 2 Klaten
Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/ Semester           : XI Teknik Pemesinan/ Gasal
Materi Pokok              : Al-qur’an sebagai pedoman hidup
Alokasi Waktu            : 6 (2X3 JP @45 menit)
Kompetensi Inti          :
KI-1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI-2: Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI-3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI-4:Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
A.  Kompetensi Dasar dan Indikator
No.
Kompetensi Dasar
Indikator pencapaian kompetensi
1.
Menghayati nilai-nilai keimanan kepada Kitab-kitab Allah Swt.
Menjelaskan makna iman kepada kitab-kitab Allah Swt.
2.
Memahami makna iman kepada Kitab-kitab Allah Swt.
Menjelaskan kandungan dalil naqli tentang iman kepada kitab-kitab Allah Swt.
3.
Berperilaku yang mencerminkan kesadaran beriman kepada Kitab-kitab
Suci Allah Swt.
Menunjukkan perilaku yang mencerminkan iman kepada kitab-kitab Allah
Swt. dalam kehidupan sehari-hari

B.  Tujuan Pembelajaran
1.         Pertemuan Pertama
a.    Setelah mengikuti pembelajaran siswa dapat menjelaskan pengertian iman kepada kitab-kitab Allah Swt. dengan benar.
b.    Setelah mengikuti pembelajaran siswa dapat menjelaskan kandungan dalil naqli tentang iman kepada kitab-kitab Allah Swt. dengan jelas.
c.    Setelah mengikuti diskusi siswa dapat membedakan antara kitab dan suhuf dengan jelas.
d.   Setelah mengikuti pembelajaran siswa dapat menyebutkan Kitab-kitab Allah beserta isi kandunganya dengan benar.
2.         Pertemuan Kedua
a.    Setelah mengikuti pembelajaran Siswa mampu menyebutkan nama-nama lain kitab suci Al qur’an dengan benar.
b.    Setelah mengikuti pembelajaran siswa dapat menyebutkan keistimewaan kitab suci Al Qur’an dengan tepat dan jelas.
c.    Setelah mengikuti pembelajaran siswa dapat menyebutkan perilaku yang mencerminkan iman kepada kitab-kitab Allah Swt. sesuai buku ajar.
d.   Setelah mengikuti pembelajaran siswa mampu mengimplementasikan perilaku iman kepada kitab-kitab Allah dalam kehidupan sehari-hari dengan baik.
C.   Materi Pembelajaran
1.    Pertemuan Pertama
a.    Pentingnya Mengimani Kitab-Kitab Allah Swt.
Iman kepada kitab Allah Swt. artinya meyakini sepenuh hati bahwa Allah Swt. telah menurunkan kitab kepada nabi atau rasul yang berisi wahyu untuk disampaikan kepada seluruh umat manusia. Di dalam al-Qur’an disebutkan bahwa ada 4 kitab Allah Swt yang diturunkan kepada para nabi-Nya, yaitu; Taurat diturunkan kepada Nabi Musa as., Zabur kepada Nabi Daud as, Injil kepada Nabi Isa as, dan al-Qur’an kepada Nabi Muhammad saw. Firman Allah Swt.:
!$uZø9tRr&ur y7øs9Î) |=»tGÅ3ø9$# Èd,ysø9$$Î/ $]%Ïd|ÁãB $yJÏj9 šú÷üt/ Ïm÷ƒytƒ z`ÏB É=»tGÅ6ø9$# $·YÏJøygãBur Ïmøn=tã ( Nà6÷n$$sù OßgoY÷t/ !$yJÎ/ tAtRr& ª!$# ( Ÿwur ôìÎ6®Ks? öNèduä!#uq÷dr& $£Jtã x8uä!%y` z`ÏB Èd,ysø9$# 4
Artinya: “Dan Kami telah menurunkan Kitab (al-Qur’an) kepadamu (Muhammad) dengan membawa kebenaran, yang membenarkan kitab-kitab yang diturunkan sebelumnya dan menjaganya, maka putuskanlah perkara mereka menurut apa yang diturunkan Allah dan janganlah engkau mengikuti keinginan mereka dengan meninggalkan kebenaran yang telah datang kepadamu...” (Q.S. Al-Maidah/5: 48)
b.    Pengertian Kitab dan Ṡuḥuf
Kitab dan suhuf merupakan wahyu Allah Swt. yang disampaikan kepada para rasul untuk disampaikan kepada manusia sebagai petunjuk dan pedoman hidup. Perbedaan antara kitab dan suhuf  adalah kalau suhuf itu masih berupa lembaran lembaran yang isinya belum lengkap, akan tetapi kalau kitab itu sudah berupa buku atau kitab yang isinya lengkap. Di dalam Al-Qur’an disebutkan adanya ṡuḥuf yang dimiliki Nabi Musa as. dan Nabi Ibrahim as. Perhatikan firman Allah Swt yang artinya: “Sesungguhnya ini terdapat dalam kitab-kitab yang dahulu, (yaitu) ṡuḥuf-ṡuḥuf (kitab-kitab) yang diturunkan kepada Ibrahim dan Musa.” (Q.S. al-A’la/87: 19)
c.    Kitab-Kitab Allah Swt. dan Para Penerimanya
Kata taurat berasal dari bahasa Ibrani (thora: instruksi). Kitab Taurat adalah salah satu kitab suci yang diwahyukan Allah Swt. kepada Nabi Musa as. Untuk menjadi petunjuk dan bimbingan baginya dan bagi Bani Israil. Isi pokok Kitab Taurat dikenal dengan Sepuluh Hukum (Ten Commandements) atau Sepuluh Firman yang diterima Nabi Musa as. di atas Bukit Tursina (Gunung Sinai). Sepuluh Hukum tersebut berisi asas-asas keyakinan (akidah) dan asas-asas kebaktian (syari’ah).
Kata zabur (bentuk jamaknya zubur) berasal dari zabara-yazburu-zabr yang berarti menulis. Makna aslinya adalah kitab yang tertulis. Zabūr dalam bahasa Arab dikenal dengan sebutan mazmur (jamaknya mazamir), dan dalam bahasa Ibrani disebut mizmar, yaitu nyanyian rohani yang dianggap suci. Kitab Zabūr berisi kumpulan ayat-ayat yang dianggap suci. Ada 150 surah dalam Kitab Zabūr yang tidak mengandung hukum-hukum, tetapi hanya berisi nasihat-nasihat, hikmah, pujian, dan sanjungan kepada Allah Swt.
Kitab Injil diwahyukan oleh Allah Swt. kepada Nabi Isa as. Kitab Injil yang asli memuat keterangan-keterangan yang benar dan nyata, yaitu perintah-perintah Allah Swt. agar manusia meng-esa-kan dan tidak menyekutukan-Nya dengan suatu apa pun. Ada pula penjelasan,bahwa di dalam Kitab Injil terdapat keterangan bahwa di akhir zaman akan lahir nabi yang terakhir dan penutup para nabi dan rasul, yaitu bernama Ahmad atau Muhammad saw. Kitab Injil diturunkan kepada Nabi Isa as. sebagai petunjuk dan cahaya penerang bagi manusia. Kitab Injil sebagaimana dijelaskan dalam Al-Qur’an, bahwa Isa as. untuk mengajarkan tauhid kepada umatnya atau pengikutnya. Tauhid di sini artinya meng-esa-kan Allah dan tidak menyekutukan-Nya
Al-Qur’an adalah kitab suci umat Islam yang diwahyukan oleh Allah Swt. melalui Malaikat Jibril secara berangsur-angsur kepada Nabi Muhammad saw. Al-Qur’an merupakan kitab suci terakhir yang diwahyukan dan merupakan penyempurna kitab kitab sebelumnya. Isi kitab suci Al-Qur’an mencakup seluruh inti wahyu yang telah diturunkan kepada para nabi dan rasul sebelumnya. Al-Qur’an adalah mukjizat Nabi Muhammad saw. yang terbesar dan abadi di antara mukjizat-mukjizat lainnya.

2.    Pertemuan Kedua
a.    Nama lain, Isi, dan keistimewaan Al qur’an
Al Qur’an idealnya menjadi pedoman sekaligus menjadi dasar hukum bagi kehidupan seluruh umat manusia dalam mencapai kebahagiaan di dunia dan di akhirat. Nama-nama lain dari al-Qur’an, yaitu:
1)   Al-Huda, artinya al-Qur’an sebagai petunjuk seluruh umat manusia.
2)   Al-Furqan, artinya al-Qur’an sebagai pembeda antara yang baik dan buruk.
3)   Asy-Syifa', artinya al-Qur’an sebagai penawar (obat penenang hati).
4)   Aż-Żikr, artinya al-Qur’an sebagai peringatan adanya ancaman dan balasan.
5)   Al-Kitab, artinya al-Qur’an adalah firman Allah Swt. yang dibukukan.
            Adapun isi pokok al-Qur’an adalah seperti berikut.
1)   Aqidah atau keimanan.
2)   'Ibadah, baik 'ibadah maḥḍah maupun gairu maḥḍah.
3)   Akhlaq seorang hamba kepada Khaliq, kepada sesama manusia dan alam sekitarnya.
4)   Mu’amalah, yaitu hubungan manusia dengan sesama manusia.
5)   Qiṡṡah, yaitu cerita nabi dan rasul, orang-orang saleh, dan orang-orang yang ingkar.
6)   Semangat mengembangkan ilmu pengetahuan.
Adapun keistimewaan kitab suci al-Qur’an adalah sebagai berikut:
1)   Sebagai petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan bertakwa.
2)   Sebagai informasi kepada setiap umat bahwa nabi dan rasul terdahulu mempunyai syariat (aturan) dan caranya masing-masing dalam menyembah Allah Swt.
3)   Al-Qur’an sebagai kitab suci terakhir dan terjamin keasliannya.
4)   Al-Qur’an tidak dapat tertandingi oleh ide-ide manusia yang ingin menyimpangkannya.
5)   Membaca dan mempelajari isi al-Qur’an merupakan ibadah.
b.    Menerapkan Perilaku Mulia yang mencerminkan kepada kitab Allah Swt.
Bagi orang yang beriman kepada kitab-kitab Allah Swt, ia akan melakukan perilaku mulia sebagai berikut.
1)   Meyakini bahwa kitab-kitab suci sebelum al-Qur’an datang dari Allah Swt, tetapi akhirnya tidak murni lagi sebab dicampuradukkan dengan ide-ide manusia di zamannya.
2)   Al-Qur’an sudah dijaga kemurniannya oleh Allah Swt. sampai sekarang. Umat Islam juga sebagai penjaganya. Menjaga kemurnian al-Qur’an adalah tugas kita sebagai muslim. Salah satu cara menjaga al-Qur’an adalah dengan berusaha menghormati, memuliakan, dan menjunjung tinggi kitab suci al- Qur’an.
3)   Menjadikan al-Qur’an sebagai petunjuk dan pedoman hidup, dan tidak sekalikali berpedoman kepada selain al-Qur’an.
4)   Berusaha untuk membaca al-Qur’an dalam segala kesempatan di kala suka maupun duka, kemudian belajar memahami arti dan isinya.
5)   Berusaha untuk mengamalkan isi al-Qur’an di dalam kehidupan sehari-hari, baik di waktu sempit maupun di waktu lapang.

D.  Metode Pembelajaran
1.    Pertemuan pertama
Jig Saw Learning
2.    Pertemuan Kedua
     Card Short
E.  Sumber Pembelajaran
Buku guru PAI dan Budi pekerti kelas XI
Buku ajar (buku siswa) PAI dan Budi pekerti kelas XI
F.   Alat dan Media Pembelajaran
1.    Pertemuan pertama
Alat     : LCD Proyektor, Laptop
Media  : Slide powerpoint
2.    Pertemuan Kedua
Alat     : LCD Proyektor, Laptop, papan tulis, lakban (Isolasi)
Media  : Slide powerpoint, kartu statement.

G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama
KEGIATAN
DISKRIPSI
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam
2.      Guru menanyakan kabar siswa
3.      Guru mengabsen siswa
4.      Guru memimpin membaca basmalah
5.      Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
6.      Guru membagi siswa menjadi 3 kelompok dengan materi yang berbeda-beda
15 Menit
Inti
1.      MENGAMATI
a.    Siswa diminta membaca dan memahami buku ajar sesuai dengan materi kelompoknya. Kelompok pertama membaca dan memahami materi tentang pengertian iman kepada kitab Allah beserta dalilnya, kelompok kedua membaca dan memahami materi tentang pengertian kitab dan suhuf serta perbedaanya, sedangkan kelompok ketiga membaca dan memahami kitab-kitab Allah Swt dan penerimanya.
2.      MENANYA
  1. Guru menanyakan permasalahan terkait materi untuk melihat sejauh mana kepahaman siswa terhadap materi
3.      MENGUMPULKAN INFORMASI
a.    Masing-masing kelompok diminta untuk mengirimkan satu siswanya kepada kelompok lain.
b.    Siswa yang mewakili kelompoknya diminta untuk menyampaikan materi yang telah di dapat dari kelompoknya
4.      MENGOLAH (ASOSIASI)
a.    Guru memerintahkan kepada siswa agar kembali ke kelompoknya masing-masing seperti semula
5.      MENGKOMUNIKASIKAN
a.       Guru memberikan pertanyaan kepada siswa untuk mengetahui pemahaman siswa
b.      Guru memberikan klarifikasi terhadap persoalan yang belum terjawab
80 menit
Penutup
  1. Siswa diminta untuk mengerjakan Soal di selembar kertas dan dikumpulkan
  2. Guru memberikan tugas untuk minggu depan
  3. Pembelajaran pada hari ini diselesaikan dengan bacaan Hamdalah.

40 Menit

2. Pertemuan Kedua
KEGIATAN
DISKRIPSI
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
1.   Guru mengucapkan salam
2.   Guru menanyakan kabar siswa
3.   Guru mengabsen siswa
4.   Guru memimpin membaca basmalah
5.   Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
20 Menit
Inti
1.   MENGAMATI
a.    Guru menyampaikan materi tentang kitab suci Al Qur’an serta perilaku mulia yang mencerminkan iman kepada kitab Allah Swt. secara garis besar.
b.    Guru membagikan kartu yang berisi statement
c.    Guru meminta siswa untuk memahami kata atau statement yang terdapat dalam kartu tersebut.
2.   MENGUMPULKAN INFORMASI
a.    Guru meminta siswa untuk mencari kelompoknya berdasarkan statement yang ada dalam kartu
b.    Setelah menemukan kelompoknya masing-masing, guru memerintahkan siswa untuk menempelkan kartu tersebut di papan tulis berdasarkan kelompoknya.
3.    MENGOLAH (ASOSIASI)
a.    Guru memerintahkan kepada siswa agar menunjuk salah satu siswa di setiap kelompoknya untuk presentasi di depan.
b.    Siswa yang lain di minta kembali ke tempat duduknya masing-masing
4.   MENGKOMUNIKASIKAN
a.    Guru meminta setiap siswa yang mewakili kelompoknya untuk mempresentasikan materinya di depan
b.    Guru memberikan klarifikasi apabila terjadi kesalahan pada siswa saat mempresentasikan hasil kerjanya di depan.
5.   MENANYA
a.    Guru meminta siswa untuk bertanya tentang materi yang belum di pahami
b.    Jika tidak ada yang bertanya, Guru menanyakan permasalahan terkait materi untuk melihat sejauh mana kepahaman siswa terhadap materi
c.    Guru memberikan klarifikasi tentang materi yang belum dipahami siswa.
90 menit
Penutup
1.    Siswa diminta untuk mengerjakan Soal di Buku Latihan (LKS), jika tidak selesai maka siswa diminta mengerjakan dirumah dan dikumpulkan minggu depan.
2.    Pembelajaran pada hari ini diselesaikan dengan bacaan Hamdalah.

25 Menit









G. Penilaian
Ø  Aspek Pengetahuan

a. Pilihan Ganda
1. Berikut adalah para Rasul penerima kitab dari Allah Swt, kecuali....
a. Muhammad SAW           b. Musa as.
c. Daud as                           d. Ibrahim as.
2. Kitab yang berisi Sepuluh Hukum (Ten Commandements) adalah kitab...
a. Al Qur’an                        b. Injil
c. Taurat                              d. Zabur
3. Dalam kitab suci Al Qur’an, Ayat yang pertama kali diturunkan adalah .....
a. Al Fatihah                       b. Al Alaq: 1-5
c. Al Maidah: 3                   d. Al Baqarah
4. Salah satu nama lain dari Al Qur’an adalah al Huda. Al Huda artinya........
a. Petunjuk                          b. Penawar
c. Peringatan                       d. Pembeda
5. Berikut ini cara umat islam beriman kepada kitab Allah, kecuali..
a.    Meyakini bahwa kitab-kitab suci sebelum al Qur’an datang dari Allah Swt
b.    Menjalankan segala ajaran yang terdapat dalam ke empat kitab Allah.
c.    Mengimani keempat kitab Allah Swt., tetapi hanya berpedoman pada Al qur’an saja.
d.   Berusaha untuk membaca al-Qur’an dalam segala kesempatan di kala suka maupun duka
Kunci Jawaban:
1.    d. Ibrahim as.
2.    c. Taurat
3.    b. Al Alaq: 1-5
4.    a. Petunjuk
5.    b. Menjalankan segala ajaran yang terdapat dalam ke empat kitab Allah.
  
v Skor penilaian jawaban soal pilihan ganda adalah:
Jumlah jawaban benar x 2 (skor maksimal 5 x 2 = 10)






b. Soal Uraian
No.
Soal
Skor
1.
Sebutkan 4 Kitab Allah Swt beserta para penerimanya!
       Jika peserta didik dapat menjawab 4 macam jawaban, skor 15.
       Jika peserta didik dapat menjawab 3 macam jawaban, skor 10.
       Jika peserta didik dapat menjawab 2 macam jawaban, skor 5.
       Jika peserta didik menjawab 1 macam jawaban, skor 3.
       Jika jawaban peserta didik salah, skor 1.
15
2.
Jelaskan terjemahan Q.S Al Maidah ayat 48!
       Jika peserta didik dapat menjawab dengan benar dan sangat lengkap, skor 15.
       Jika peserta didik dapat menjawab dengan benar, tetapi secara pointer, skor 10.
       Jika peserta didik menjawab dengan kurang lengkap , skor 5.
       Jika peserta didik menjawab dengan tidak lengkap, skor 3.
       Jika jawaban peserta didik salah, skor 1.
15
3.
Sebutkan keistimewaan Alqur’an dibandingkan kitab sebelumnya!
       Jika peserta didik dapat menjawab 4 macam jawaban, skor 20.
       Jika peserta didik dapat menjawab 3 macam jawaban, skor 15.
       Jika peserta didik dapat menjawab 2 macam jawaban, skor 10.
       Jika peserta didik menjawab 1 macam jawaban, skor 5.
       Jika jawaban peserta didik salah, skor 1.
20
4.
Sebutkan isi pokok Kitab Suci Al qur’an!
       Jika peserta didik dapat menjawab 4 macam jawaban, skor 20.
       Jika peserta didik dapat menjawab 3 macam jawaban, skor 15.
       Jika peserta didik dapat menjawab 2 macam jawaban, skor 10.
       Jika peserta didik menjawab 1 macam jawaban, skor 5.
       Jika jawaban peserta didik salah, skor 1.
20
5.
Sebutkan perilaku yang mencerminkan iman kepada kitab Allah Swt!
       Jika peserta didik dapat menjawab 4 macam jawaban, skor 20.
       Jika peserta didik dapat menjawab 3 macam jawaban, skor 15.
       Jika peserta didik dapat menjawab 2 macam jawaban, skor 10.
       Jika peserta didik menjawab 1 macam jawaban, skor 5.
       Jika jawaban peserta didik salah, skor 1.
20
Jumlah Skor
90

Kunci Jawaban:
1. 4 Kitab Allah Swt beserta para penerimanya
a.    Ktab Taurat= Nabi Musa a.s
b.    Kitab Zabur= Nabi Daud a.s
c.    Kitab Injil= Nabi Isa a.s
d.   Kitab Alqur’an= Nabi Muhammad SAW
2. Terjemahan Q.S Al Maidah ayat 48
“Dan Kami telah turunkan kepadamu Al Quran dengan membawa kebenaran, membenarkan apa yang sebelumnya, Yaitu Kitab-Kitab (yang diturunkan sebelumnya) dan batu ujian terhadap Kitab-Kitab yang lain itu; Maka putuskanlah perkara mereka menurut apa yang Allah turunkan dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu mereka dengan meninggalkan kebenaran yang telah datang kepadamu. untuk tiap-tiap umat diantara kamu, Kami berikan aturan dan jalan yang terang. Sekiranya Allah menghendaki, niscaya kamu dijadikan-Nya satu umat (saja), tetapi Allah hendak menguji kamu terhadap pemberian-Nya kepadamu, Maka berlomba-lombalah berbuat kebajikan. hanya kepada Allah-lah kembali kamu semuanya, lalu diberitahukan-Nya kepadamu apa yang telah kamu perselisihkan itu”
3. Keistimewaan Alqur’an dibandingkan kitab sebelumnya
a.    Sebagai petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan bertakwa
b.    Sebagai informasi kepada setiap umat bahwa nabi dan rasul terdahulu mempunyai syariat (aturan) dan caranya masing-masing dalam menyembah Allah Swt.
c.    Al-Qur’an sebagai kitab suci terakhir dan terjamin keasliannya.
d.   Al-Qur’an tidak dapat tertandingi oleh ide-ide manusia yang ingin menyimpangkannya.
e.    Membaca dan mempelajari isi al-Qur’an merupakan ibadah.
4. Isi pokok Kitab Suci Al qur’an
a.    Aqidah atau keimanan.
b.    Ibadah, baik ibadah maḥḍah maupun gairu maḥḍah.
c.    Akhlaq seorang hamba kepada Khaliq, kepada sesama manusia dan alam sekitarnya.
d.   Mu’amalah, yaitu hubungan manusia dengan sesama manusia.
e.    Qiṡṡah, yaitu cerita nabi dan rasul, orang-orang saleh, dan orang-orang yang ingkar.
f.     Semangat mengembangkan ilmu pengetahuan.
5. perilaku yang mencerminkan iman kepada kitab Allah Swt
a.    Meyakini bahwa kitab-kitab suci sebelum al-Qur’an datang dari Allah Swt, tetapi akhirnya tidak murni lagi sebab dicampuradukkan dengan ide-ide manusia di zamannya.
b.    Al-Qur’an sudah dijaga kemurniannya oleh Allah Swt. sampai sekarang.
c.    Menjadikan al-Qur’an sebagai petunjuk dan pedoman hidup, dan tidak sekalikali berpedoman kepada selain al-Qur’an.
d.   Berusaha untuk membaca al-Qur’an dalam segala kesempatan di kala suka maupun duka, kemudian belajar memahami arti dan isinya.
e.    Berusaha untuk mengamalkan isi al-Qur’an di dalam kehidupan sehari-hari, baik di waktu sempit maupun di waktu lapang.

NILAI: Jumlah Skor Pilihan Ganda+Jumlah Skor Uraian

















Ø Aspek Spiritualitas

No.
Perilaku
Skor
1.
Bagaimana perasaanmu saat belajar Al Qur’an?
a. Jika peserta didik menjawab senang sekali, skor 100.
b. Jika peserta didik menjawab senang, skor 80.
c. Jika peserta didik menjawab kurang senang, skor 60.
d. Jika peserta didik menjawab tidak senang, skor 40.
100
2.
Kepada siapakah kamu belajar Al Qur’an?
a.    Jika peserta didik belajar Al Qur’an kepada guru di sekolah, guru ngaji di rumah/masjid, dan teman yang sudah lancar, skor 100.
b.     Jika peserta didik belajar Al Qur’an kepada guru di sekolah dan guru ngaji di rumah/masjid saja, skor 80.
c.     Jika peserta didik belajar Al Qur’an kepada guru di sekolah dan teman yang sudah lancar, skor 60.
d.    Jika peserta didik belajar Al Qur’an kepada salah seorang dari guru di sekolah, guru ngaji di rumah/masjid, atau teman yang sudah lancar saja, maka skor 40.
e.     Jika peserta didik sama sekali tidak belajar Al Qur’an, maka skor 20.
100
3.
Siapakah yang menyuruh kamu untuk belajar Al Qur’an?
a. Jika jawaban peserta didik adalah dengan kesadaran sendiri, skor 100.
b. Jika jawaban peserta didik adalah kadang-kadang karena kesadaran sendiri, skor 80.
c. Jika jawaban peserta didik adalah karena perintah orang tua/ guru, skor 60.
d. Jika jawaban peserta didik adalah karena dipaksa orang tua/ guru, skor 40.
100
4.
Bagaimana perasaanmu kalau dalam satu hari tidak membaca Al Qur’an?
a.    Jika jawaban peserta didik adalah hati sangat tidak tenteram/ gelisah, dan merasa berdosa, skor 100.
b.    Jika jawaban peserta didik adalah hati tidak tenteram dan merasa berdosa, skor 80.
c.    Jika jawaban peserta didik adalah tenteram, skor 60.
d.   Jika jawaban peserta didik adalah sangat tenteram, skor 40.
100
5.
Bagaimana perasaanmu saat membaca Al Qur’an dengan bacaan yang terbata-bata?
a. Jika jawaban peserta didik sangat sedih, skor 100.
b. Jika jawaban peserta didik sedih, skor 80.
c. Jika jawaban peserta didik senang, skor 60.
d. Jika jawaban peserta didik sangat senang, skor 40.
100
6.
Bagaimana perasaanmu saat membaca Al Qur’an dengan bacaan yang lancar?
a. Jika jawaban peserta didik senang sekali, skor 100.
b. Jika jawaban peserta didik senang, skor 80.
c. Jika jawaban peserta didik tidak senang, skor 60.
d. Jika jawaban peserta didik sangat tidak senang, skor 40.
100
Jumlah Skor
600

Nilai = jumlah nilai yang diperoleh peserta didik x 100
600








Ø Aspek Sosial
·  Jika kelompok diskusi sangat berani dalam berpendapat, sopan santun dan sangat menghormati kelompok lain maka skor 100.
·  Jika kelompok diskusi berani dalam berpendapat, sopan santun dan menghormati kelompok lain maka skor 80.
·  Jika kelompok diskusi cukup berani dalam berpendapat, sopan santun dan cukup menghormati kelompok lain maka skor 60.
·  Jika kelompok diskusi kurang berani dalam berpendapat, sopan santun dan kurang menghormati kelompok lain maka skor 40.

No.
Nama Peserta didik
Aspek yang dinilai
Skor Maksimal
Nilai
Ketuntasan
Tindak Lanjut
1*
2*
3*
T*
TT*
R*
P*
1.










2.










3.










Dst.











* Keterangan:
1. Berani berpendapat
2. Sopan santun
3. Menghormati orang lain
T : Tuntas
TT : Tidak tuntas
R : Remedial
P : Pengayaan

Nilai= Skor Maksimal : 3


Ø Aspek Keterampilan
Bacalah QS. Al Maidah ayat 48 sesuai kaidah membaca Al qur’an yang baik dan benar!
·  Jika dapat membaca dengan lancar dan benar makharijul huruf dan tajwidnya, skor 100
·  Jika membaca dengan pelan-pelan, tetapi benar tajwid dan makharijul hurufya, skor 80
·  Jika membaca dengan terbata-bata, dengan tajwid dan makharijul huruf yang masih kurang benar, skor 60
·  Jika membacanya salah, baik dari segi tajwid maupun makharijul hurufnya, skor 40

No.
Nama Peserta didik
Aspek yang dinilai
Skor Maksimal
Nilai
Ketuntasan
Tindak Lanjut
1*
2*
3*
T*
TT*
R*
P*
1.










2.










3.










Dst.











* Keterangan:
1. Tajwid
2. Makharijul Hurf
3. Kelancaran
T : Tuntas
TT : Tidak tuntas
R : Remedial
P : Pengayaan
Nilai= Skor Maksimal : 3

Ø  Pengayaan
Dalam kegiatan pembelajaran, bagi peserta didik yang sudah menguasai materi iman kepada kitab-kitab Allah Swt. dengan baik, peserta didik tersebut diberikan soal pengayaan yang telah disiapkan oleh guru dan dikerjakan di ruang perpustakaan/ruangan lainnya. (Guru mencatat dan memberikan tambahan nilai bagi peserta didik yang berhasil dalam pengayaan).

Ø  Remedial
Bila peserta didik setelah dilakukan penilaian ternyata ada yang belum menguasai materi beriman kepada kitab-kitab Allah (belum mencapai KKM), peserta didik diberikan materi pelajaran kembali (remedial teaching), kemudian dilakukan penilaian kembali dengan soal yang sejenis atau soal yang lain yang tetap mengacu pada KD yang belum dikuasai dengan baik oleh peserta didik. Remedi dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu yang disesuaikan, seperti: pada saat kegiatan pembelajaran atau di luar jam pelajaran (tekniknya dapat dimusyawarahkan dengan peserta didik yang bersangkutan).




Mengetahui,
Klaten, 17 Juni 2016
Kepala Sekolah
Guru Mapel PAI dan Budi Pekerti
(Drs. Wardani Sugiyanto, M.Pd)
(Sebastian Wisnu Aji)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar