Rabu, 26 November 2014

Cara Mengatasi Rasa Malas

     Sebagai manusia pasti memiliki berbagai macam sifat, diantaranya sifat malas yang terkadang menyelimuti hati kita. Diri yang merasakan malas pasti tidak akan bergerak untuk melakukan sesuatu. Mau kerja malas, mau membereskan rumah malas, sampai mau makan saja terkadang masih males juga. Malas hanya akan menghentikan  kita untuk melakukan aksi.. Jika diri kita tidak beraksi melakukan hal-hal penting, maka kita hanya menunggu kegagalan saja.
   

       Berikut ini Cara Mengatasi Rasa Malas:

1. Sibukkan diri kita dengan kegiatan yang positif
            Berusahalah melakukan kegiatan atau pekerjaan dari yang sepele sampai hal yang besar. Jika sekiranya di rumah ada pekerjaan yang bisa dikerjakan, kerjakanlah. Libatkan diri kita ke dalam organisasi yang bermanfaat baik di Masyarakat, atau di sekolah. Tetapi tetap menjaga istirahat yang cukup.

2. Perbanyak mempelajari ilmu agama,
            Rasa malas merupakan pintu masuk setan, bentengi diri kita dengan pengetahuan agama dan perbanyak amalan ibadah, seperti sholat, membaca Al Qur'an, dll. Denagan mendekatkan pada ALLAH SWT akan membut hati kita tenag dan terhindar dari godaan malas.

3. Berusaha mencari teman yang baik.
            Teman sangat berpengaruh terhadap perkembangan kepribadian kita. mempunyai teman yang baik juga memberikan kenyaman kita untuk berbagi cerita atau masalah yang kita hadapi, selain keluaraga tentunya.

4. Hindari melamun atau berdiam diri tanpa ada manfaatnya
               Paksakan diri kita untuk melakukan aksi, karena melamun meratapi nasib hanya akan membuat kita malas melakukan aktifitas. Ketika tidak ada hal yang dilakukan maka cenderung otak kita memikirkan hal yang negatif.

5. Berpikir positif (Positif Thinking)
               Orang yang selalu berprasangka baik pasti selalu optimis dalam menghadapi tantangan. Akan selalu bersemangat dalam berkarya dan tidak pernah putus asa ketika menghadapi kegagalan

               Demikianlah sedikit kiat-kiat mengatasi rasa malas, yang bisa penulis sampaikan. Tentunya masih banyak cara-cara lain mengatasi malas. Jangan sampai rasa malas menghentikan kita untuk melangkah mengapai cita-cita kita, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar